Bulan: Januari 2024

Jurusan Kuliah Yang Paling Mudah Dipelajari Oleh Mahasiswa

tongkrongin.com – Jurusan kuliah yang sudah sangat banyak tersedia pada berbagai universitas pastinya memiliki tingkat kesusahan tersendiri menurut dari ilmu yang dipelajari seperti misalnya jurusan matematika sudah pastinya kamu akan ditekankan pada banyak pembahasan pada hitungan dan rumus dan itu pastinya akan kamu temui terus pada setiap mata kuliah dari jurusan matematika itu pastinya akan sangat menakutkan bagi para mahasiswa yang memang pada dasarnya tidak menyukai matematika. Nah disini kita akan membahas tentang berbagai jurusan kuliah yang paling mudah dipelajari oleh sebagian besar mahasiswa dan ini bisa menjadi bahan referensi buat kamu yang akan masuk kuliah tahun ini.

Daftar Jurusan Kuliah Yang Mudah Dipelajari

Jurusan-jurusan yang sudah dilampirkan dibawah ini semuanya sudah melalui beberapa penyaringan dari berbagai sumber terpercaya yang mana rekomendasi jurusan yang ada disini tidak memiliki arti kalau jurusan ini tidak memiliki prospek kerja yang bagus buat kedepannya, inilah jurusannya :

Baca Juga : Informasi Kuliah Jurusan Psikologi Terbaik di Dunia

Ilmu Bahasa dan Sastra

Ilmu bahasa dan juga sastra masuk dalam jurusan kuliah yang mudah dipelajari saat masuk kuliah dan jurusan ini sudah pasti mudah karena kamu akan belajar tentang bahasa utama dari negara ini dan mengenal tentang sastra indonesia.

Psikologi

Jurusan ini menjadi jurusan rekomendasi karena disini kita akan berfokus pada mempelajari tentang perilaku mental dan emosi dari manusia yang mana juga jurusan ini punya prospek kerja yang bagus dimasa depan.

Pendidikan

Ini jurusan yang sudah pasti sangat ramai peminatnya tiap tahun dan menjadi bukti kalau jurusan ini mudah untuk dipelajari karena mata kuliah yang akan dipelajari semuanya sudah dipelajari saat duduk dibangku sekolah sebelum kuliah, jadi bisa lebih mengerti dengan cepat pastinya.

Pariwisata

Jurusan pariwisata jadi jurusan rekomendasi berikutnya yang mana jurusan ini juga punya prospek kerja yang cukup luas dan bagus tentunya, jika kamu kuliah di jurusan pariwisata kamu akan lebih banyak mempelajari tentang tempat-tempat wisata ataupun memiliki pandangan visioner tentang suatu tempat yang nantinya punya potensi menjadi tempat wisata.

Ilmu Komunikasi

Jurusan ini berfokus pada bagaimana penyampaian dan pemberian informasi pada dunia kerja yang lebih berkompeten dan pastinya jurusan ini sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan besar yang membutuhkan sarjana ilmu komunikasi.

Sejarah

Sejarah disini lebih berfokus pada kejadian masa lalu tapi bukan masalah asmara yaa ?? hehe. Masa lalu disini lebih ditujukan pada peristiwa masa lalu yang hingga kini bisa dikenal memiliki nilai historical tersendiri dan menjadi sejarah. https://www.tongkrongin.com/

Seni

Ini jurusan lebih ditujukan bagi mereka yang memiliki bakat dan juga minat pada bidang karya seni yang mana orang-orang ini punya ide kreatif dan juga wawasan tentang berbagai karya seni baik kontemporer maupun otodidak, dan ini juga jurusan yang sangat menarik loh pastinya.

Tata Rias

Ini nih jurusa yang sangat cocok bagi kaum wanita dan juga feminim yang memang memiliki keahlian menghias wajah dan juga tata busana dan ini jurusan juga punya prospek yang gemilang pastinya entah bisa menjadi makeup artist maupun designer ternama, tapi kok yang sukses dibidang ini kebanyakan para pria ya ? hmm patut dipertanyakan, hehe….

Itulah jurusan kuliah yang mudah untuk dipelajari saat masuk kuliah dan semuanya kembali lagi dengan kalian akan menentukan jurusan kuliah yang mana, karena pada intinya pendidikan tidak hanya sebatas pada jurusan apa yang kita ambil tapi juga dari berbagai pengalaman yang kita dapatkan tidak dari bangku pendidikan. Adioss….

Informasi Kuliah Jurusan Psikologi Terbaik di Dunia

Tertarik masuk ke Fakultas Psikologi? Di Dunia  ada beberapa perguruan tinggi yang dapat jadi opsi, Selain membuat penilaian untuk kampus, membuat penilaian untuk kampus dengan jurusan terbaik, satu diantaranya adalah jurusan psikologi.

psikologi diantaranya psikologi organisasi dan industri, psikologi pendidikan, psikologi faal, psikologi sosial, dan psikologi medis. Apa pun macamnya, jurusan kuliah Psikologi adalah salah satu program studi bidang soshum (sosial dan hukum) paling favorit tiap tahunnya di beberapa kampus. Berikut adalah universitas dengan jurusan psikologi terbaik di dunia berdasarkan Rangking QS tahun 2024:

Harvard University

Universitas Harvard, terkenal dengan keunggulan akademiknya, adalah lembaga pendidikan tinggi paling tua di Amerika Serikat. Sekolah ini terima sekitaran 36.000 pelajar dan mempunyai lebih dari 371.000 alumni yang hidup.

Alumni ini termasuk Leda Cosmides, William Damon, Howard Gardner dan Richard J. Davidson – semua figur terpenting di bidang psikologi Departemen psikologi Harvard tawarkan program tingkat pascasarjana yang mengeksploitasi empat bidang:

  • Psikologi sosial
  • Psikologi perkembangan
  • Klinik Psikologi
  • Kognisi, otak dan sikap

The University of Sydney

Jurusan psikologi di the University of Sydney memperoleh posisi #27 dalam kelompok ini. Dalam jurusan ini kamu akan menelusuri beberapa faktor yang memengaruhi sikap manusia, dan bagaimana metodologi ilmiah bisa punya pengaruh dalam psikologi. Berita baiknya, jurusan psikologi di the University of Sydney ini telah memperoleh akreditasi dari Australian Psychology Accreditation Council (APAC). Dan menurut QS World University Rangkings by Subject 2023, the University of Sydney ada di rangking #27 sedunia.

University of Cambridge

University of Cambridge adalah salah satunya perguruan tinggi paling tua di dunia. Ini mempunyai 31 perguruan tinggi konstituen, pendidikan hebat, beasiswa dan riset dan alumni terpenting. Departemen Psikologi Cambridge melakukan riset kelas dunia yang diidentikkan oleh pendekatan multidisiplin kolaboratif. Lulusan dari Cambridge, salah satunya sekolah psikologi terbaik dunia, termasuk psikiater punya pengaruh Geoffrey Beattie dan Thalia Eley.

Baca Juga : Rekomendasi 7 Universitas Paling Baik di Padang Tahun 2024

Departemen ini fokus pada tiga topik riset: sikap dan kognisi otak, perkembangan usia, dan sikap dan masyarakat sosial. Beberapa sarjana mendaftarkan di Tripos Ilmu Psikologi dan Sikap (IPP) 3 tahun, yang meliputi spektrum penuh pelatihan psikologi dan ke arah Bachelor of Arts. IPP mengeksploitasi beberapa hal berikut ini:

  • Riset psikologis dan metode
  • Psikologi sosial dan perkembangan
  • Ilmu saraf kognitif
  • Perkembangan atipikal dan psikopatologi dewasa

Monash University

Kamu punya niat kuliah jurusan psikologi di Australia? Monash University bisa sekali masuk ke daftar kamu! Universitas ini tempati rangking #55 menurut QS World University Rangkings by Subject 2023. Fasilitas pendukung perkuliahan jurusan psikiater di Monash University komplet sekali, lho.

Dimulai dari sleep lab sampai teknologi neuroimaging yang hebat dan virtual reality studio dan fasilitas yang lain tentu saja disokong teknologi terbaru. Melalui perkuliahan di jurusan ini kamu punyai peluang untuk membuat kemampuan dalam komunikasi interpersonal, bagaimana menulis dan mempelajari, pemrograman dan statistik pada bidang psikologi.

Yale University

Universitas Yale adalah lembaga Ivy League yang masih tetap jadi perguruan tinggi paling tua ke-3 di Amerika Serikat. Departemen psikologi Yale mempunyai sejarah yang berbeda; anggota fakultasnya termasuk mendiang William Kessen dan Carl Hovland dan psikiater uji cobatal Allan Wagner dan Paul Bloom.

Departemen Psikologi Yale fokus pada lima program studi: kognitif, medis, perkembangan, sosial / kepribadian, dan ilmu saraf. Sekolah ini tawarkan gelar sarjana seni dan Sarjana Sains pada bidang psikologi. Gelar ini pelajari beberapa topik berikut ini:

  • Ilmu kognitif
  • Psikologi perkembangan
  • Pikiran kriminal
  • Otak manusia
  • Psikologi kepribadian

Rekomendasi 7 Universitas Paling Baik di Padang Tahun 2024

tongkrongin.com – Kota Padang adalah ibu kota berasal dari provinsi Sumatera Barat di Indonesia. Kota ini terletak di pantai barat Sumatera, dan punyai luas sekitar 695,26 km² dengan kuantitas masyarakat sekitar 1,0 juta jiwa (berdasarkan knowledge Badan Pusat Statistik terhadap tahun 2020).

Kota Padang punyai sejarah panjang sebagai pelabuhan penting di Sumatera Barat. Selama berabad-abad, kota ini menjadi pusat perdagangan dan jalinan budaya antara bangsa-bangsa di sekitarnya, layaknya orang Melayu, Minangkabau, Cina, dan India.

Kota Padang punyai banyak objek wisata yang menarik, layaknya Pantai Air Manis, Pulau Sikuai, dan Taman rimba Raya Bung Hatta. Selain itu, kota ini juga terkenal dengan makanan khasnya, layaknya rendang, gulai, dan sate Padang, yang menjadi favorit bagi banyak orang di Indonesia dan di luar negeri.

Daftar Universitas Terbaik di Padang Beserta Jurusannya

Berikut inilah kampus terbaik di padang dan jurusannya tahun 2024:

1. IAIN Bukittinggi

IAIN Bukittinggi juga sanggup menjadi pilihan bagus untukmu yang ingin berkuliah di lingkungan islami. Terdapat 4 fakultas di sini dengan total 22 program studi. Kuota paling banyak diberikan untuk jurusan Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Pendidikan Matematika, dan Hukum Keluarga Islam.

2. UIN Imam Bonjol Padang (UINIB)

Jika kamu ingin berkuliah di PTN yang berlandaskan islam terhadap sistem pembelajarannya, maka berkuliahlah di UIN Imam Bonjol Padang (UINIB). Terdapat 8 fakultas di UINIB dengan 26 program studi.

Jurusan yang paling diminati adalah Perbankan Syariah, Psikologi Islam, Manajemen Bisnis Syariah, Pendidikan Agama Islam, dan Ekonomi Syariah.

3. Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh (PPNP)

Jika kamu hendak mengembangkan sektor pertanian menjadi pertanian modern, maka berkuliah di PPNP adalah pilihan yang tepat. Terdapat 5 program belajar di ini, antara lain Pengelolaan Agribisnis, Pengelolaan Perkebunan, Teknologi Benih, Teknologi Rekayasa Pangan, dan Teknologi Rekayasa Komputer.

Baca Juga : Rekomendasi 8 Universitas Terbaik di Kota Bekasi Tahun 2024

4. Politeknik Negeri Padang (PNP)

Politeknik Negeri Padang (PNP) adalah kampus pendidikan vokasi di Padang yang menitikberatkan pada hardskill dan softskill di dunia kerja. Terdapat 7 fakultas di PNP dengan 15 program belajar jenjang Diploma 3 dan Diploma 4.

Jurusan yang paling favorit di sini adalah Teknik Elektronika Industri dan Teknik Telekomunikasi. Kamu juga sanggup masuk jurusan baru yang peluang karirnya besar, yakni Teknik Perencanaan Irigasi dan Rawa serta Bahasa Inggris Untuk Komunikasi Bisnis dan Profesional. Seru, bukan?

5. ISI Padangpanjang

Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang adalah kampus yang menampung pelajar dengan minat bakat seni tinggi di tempat Sumatera. Siap mengajak anak-anak muda untuk melahirkan karya seni yang kreatif dan mengikuti perkembangan zaman tanpa meniadakan akar budaya.

Terdapat 2 fakultas di sini, yakni fakultas seni pertunjukan dan fakultas seni rupa dan desain. Terdapat 12 program belajar di sini. Jurusan yang paling favorit adalah Desain Komunikasi Visual. Ada jurusan baru, yakni D4 Desain Mode. Khusus mempelajari tren fashion dan bagaimana survive di industri fashion. Menarik, bukan?

6. Universitas Andalas (UNAND)

Perguruan tinggi negeri ini terletak di jantung Kota Padang. Memiliki 15 fakultas dengan total 48 program studi. Jurusan yang paling favorit di sini adalah Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, Teknik Sipil, Farmasi, Sistem Informasi, Ilmu Komunikasi, Akuntansi, Manajemen, dan Hukum.

7. Universitas Negeri Padang (UNP)

Universitas ini pernah namanya IKIP Padang yang fokus terhadap jurusan pendidikan saja. Namun, saat ini menjadi Universitas Negeri Padang yang siap menampung puluhan ribu mahasiswa untuk belajar dengan begitu banyak ragam disiplin ilmu. Terdaftar 9 fakultas di sini dengan total 58 program belajar diploma 4 dan sarjana 1. Jurusan yang paling laris di Universitas Negeri Padang adalah Akuntansi, Manajemen, Ilmu Administrasi Negara, PGSD, Psikologi, dan Manajemen Perhotelan.

Daftar Universitas Swasta Surabaya Terfavorit 2023

Daftar Universitas Swasta Surabaya Terfavorit 2023 – Calon mahasiswa baru mulai berburu info mengenai kampus impiannya. Sebagian menentukan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) untuk meneruskan kuliah. Akan tetapi, Perguruan Tinggi Swasta (PTS) pun bisa jadi penentu karena prestasinya tak kalah dengan PTN.

Seperti PTS yang akan kami bagikan ini kerap di buru calon mahasiswa karena punya banyak jurusan, prestasi, dan fasilitas infrastruktur yang unggul. Ada beberapa alasan mengapa banyak orang memilih Kota Surabaya sebagai tempat berkuliah, mulai dari fasilitas publik yang memadai, tempat hiburan lengkap, hingga wisata kuliner yang enak dan murah. Penasaran? Yuk Simak artikel di bawah ini!

Daftar Universitas Swasta Surabaya

1. Universitas Surabaya (UBAYA)

UBAYA menjadi PTS Terbaik di Jawa Timur versi QS Asia University Rankings. UBAYA memiliki 3 buah Universitas, 2 di antaranya berlokasi di dalam kota Surabaya, yaitu di Jalan Kalirungkut dan Jalan Ngagel Jaya Selatan. Sedangkan Universitas III berada di Trawas, Mojokerto Ubaya mempunyai 8 fakultas dan 1 Politeknik. Di antaranya, kedapatan 3 fakultas yang peminatnya sedang berkembang. Yakni Fakultas Kedokteran, Fakultas Industri Kreatif, dan Fakultas Teknobiologi.

2. Universitas Kristen Petra (UKP)

Universitas yang berada di Siwalankerto ini sudah 14 kali berturut-turut memperoleh penghargaan Anugerah Universitas Unggulan (AKU) dari LLDIKTI Wilayah VII Jatim. UKP mempunyai 8 fakultas dan beragam program studi di dalamnya. Ada 3 program studi dengan jumlah peminatnya terbanyak, antara lain Manajemen, Akuntansi, dan Informatika. Namun, ada juga sejumlah prodi lain yang tak kalah menarik seperti Broadcast and Journalism, Internet of Things, Desain Komunikasi Visual, dan lain-lain.

3. Universitas Ciputra (UC)

UC menjadi Universitas yang telah terakreditasi A dan membekali mahasiswanya untuk dapat menjadi seorang wirausahawan sesuai dengan keahliannya masing-masing. Universitasnya berada di kawasan Citraland Surabaya. UC mempunyai 8 fakultas dengan beragam jurusan. Tiga prodi di antaranya selalu sebagai favorit calon mahasiswa dengan persaingan 5:1. Yakni International Business Management (IBM), Visual Communication Design (VCD), dan Ilmu Komunikasi.

Baca Juga : Rekomendasi 8 Universitas Terbaik di Kota Bekasi Tahun 2024

4. Universitas Katolik Widya Mkalianla Surabaya (UKWMS)

UKWMS merupakan mempunyai 3 Universitas di Surabaya. Yaitu Universitas Dinoyo, Kalijudan, dan Pakuwon City. Universitas ini juga memperoleh peringkat I untuk kategori Perguruan Tinggi Afliasi Terbaik di Science and Technology Index (SINTA).

Tiap tahunnya, ada 5 jurusan yang selalu di buru mahasiswa. Antara lain Akuntansi, Farmasi, Ilmu Komunikasi, Teknologi Pangan, dan Kedokteran. Dengan begitu, prodi Teknik Kimia UKWMS juga mengantongi rangking 1 se-Indonesia yang di ukur berdasar penelitian dan publikasi ilmiah.

5. Universitas Dr. Soetomo (UNITOMO)

Universitas UNITOMO berada di Semolowaru. UNITOMO juga di kenal atas prestasi non-akademiknya, baik di tingkat lokal, regional, nasional bahkan internasional. Sejumlah atlit nasional dari berbagai cabang olahraga di lahirkan dari Universitas ini. Ada 3 jurusan yang sering di buru mahasiswa di Universitas ini. Ialah Manajemen, Ilmu Komunikasi dengan konsentrasi Humas dan Jurnalistik, serta Teknik Informatika.

Nah itu dia Daftar Universitas Swasta Surabaya Terfavorit 2023. Semoga informasi di atas sangat bermanfaat. Untuk kalian yang ingin update seputar pendidikan bisa kunjungi  Jangan sampai ketinggalan ya!

Rekomendasi 8 Universitas Terbaik di Kota Bekasi Tahun 2024

tongkrongin.com – Bekasi sebetulnya lokasinya terbilang memadai jauh dari pusat keramaian di ibu kota Jakarta. Namun bukan artinya pilihan area menuntut ilmunya jadi terbatas. sekolah seperti SMAN 2 Bekasi juga mempunyai mutu yang terbaik. Buktinya, di kota tersebut ada banyak kampus di Bekasi yang gedungnya berdiri kokoh sejak belasan th. lalu yang bersama dengan sigap dan siap memberi tambahan pengetahuan kepada anak didiknya.

Faktanya, sebetulnya tetap belum ada kampus negeri yang memulai kesibukan belajar mengajarnya di Bekasi. Namun, kampus swasta yang ada udah beroleh akreditasi sangat baik dan siap mencetak lulusan yang kreatif, kompeten, dan siap bersaing di dunia kerja bersama dengan lulusan kampus bergengsi lainnya.

Daftar Universitas Terbaik di Bekasi

1. Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Kampus 2 Bekasi

Terakhir ada Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Kampus 2 Bekasi yang berdiri di bawah naungan Yayasan Brata Bhakti. UBHARA JAYA mempunyai 7 Fakultas hingga pas ini, antara lain: Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Psikologi, Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik serta Fakultas Ilmu Komunikasi.

2. Universitas Bina Nusantara

Universitas Bina Nusantara (BINUS) merupakan keliru satu kampus swasta di Bekasi paling terkemuka yang awal berdirinya merupakan Lembaga Pendidikan Komputer yang berdiri pada tanggal 21 Oktober 1974. BINUS udah beroleh standing akreditasi pada th. 2016 bersama dengan peringkat A.

BINUS merupakan keliru satu kampus yang unggul di dalam bidang IT. Berikut adalah Fakultas yang dapat anda menentukan di Universitas Bina Nusantara: Fakultas Akuntansi, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Pariwisata, Fakultas Ilmu Bisnis, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komputer serta Fakultas Teknik.

3. Universitas Krisnadwipayana

Selanjutnya adalah Universitas Krisnadwipayana (UNKRIS). UNKRIS didirikan pada tanggal 1 April 1952, nama Krisnadwipayana sendiri terinspirasi dari nama seorang Begawan yang berhasil di dalam mendidik keluarga Bharata.

Berikut adalah fakultas dan prodi di Universitas Krisnadwipayana:

  • Fakultas Hukum: Hukum
  • Fakultas Ekonomi: Manajemen, Akuntansi
  • Fakultas Ilmu Administrasi: Administrasi Bisnis, Administrasi Publik
  • Fakultas Teknik: Arsitektur, Teknik Elektro, Teknik Sipil, Teknik Industri, Sistem
  • Informasi, Teknik Planologi, Teknik Informatika serta Teknik Mesin

Baca Juga : 5 Alasan Yogyakarta Disebut Sebagai Kota Pelajar

4. Universitas Islam 45 Bekasi

Universitas Islam 45 Bekasi yang udah berdiri sejak th. 1982. Universitas Islam 45 Bekasi udah beroleh akreditasi dari BAN-PT bersama dengan peringkat B berdasarkan Surat Keputusan No. 276/SK/BAN-PT/Akred/PT/IV/2019 dan berlaku hingga tanggal 23 April 2024.

Universitas Islam 45 Bekasi tawarkan 7 Fakultas, antara lain: Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian, Fakultas Komunikasi dan Sastra Bahasa, Fakultas Agama Islam, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ekonomi serta Fakultas Ilmu Pendidikan dan Keguruan.

5. President University

Selanjutnya adalah President University yang berlokasi di Jl. Ki Hajar Dewantara, Kota Jababeka, Cikarang, Bekasi. Perguruan Tinggi Swasta ini merupakan kampus bersama dengan reputasi yang baik dan berstandar internasional.

President University udah beroleh standing akreditasi sesuai bersama dengan Surat Keputusan BAN-PT No. 411/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2018 bersama dengan peringkat A.

Berikut adalah 4 fakultas yang ada di President University beserta program belajar di dalamnya:

  • Fakultas Bisnis: Manajemen, Akuntansi, Administrasi Bisnis serta Ilmu Aktuaria
  • Fakultas Teknik: Teknik Lingkungan, Teknik Elektro, Teknik Sipil, Teknik Industri, Teknik Mesin, Teknik Lingkungan
  • Fakultas Ilmu Komputer: Teknologi Informasi, Sistem Informasi dan Desain Komunikasi Visual
  • Fakultas Humaniora: Hukum, Komunikasi, Pendidikan Guru SD, Hubungan Internasional

6. Universitas Gunadarma

Berikutnya adalah Universitas Gunadarma yang diresmikan pada tanggal 3 April 1996 melalui Surat Keputusan DIRJEN DIKTI No.92/Kep/Dikti/1996 bersama dengan meleburnya 2 institusi pendidikan yakni STMIK dan STIE Gunadarma bersama dengan bersama dengan 4 fakultas baru yakni Fakultas Sastra, Fakultas Psikologi, Fakultas Teknologi Industri serta Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan.

Universitas Gunadarma udah beroleh standing akreditasi bersama dengan peringkat A berdasarkan SK No. 244/SK/BAN-PT/Akred/PT/X/2018.

Sampai pas ini Universitas Gunadarma mempunyai 6 Fakultas, yakni Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik Sipil, Fakultas Sastra, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Psikologi, Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi.

7. Universitas Mercu Buana

Universitas Mercu Buana mendapatkan ijin operasional pada tanggal 18 Juni 1985 berdasarkan Surat Nomor 15/KOP.III/S.VI/85 dan dinyatakan formal berdiri pada tanggal 22 Oktober 1985 bersama dengan 3 fakultas perintisnya yakni Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian dan Fakultas Ekonomi.

Universitas Mercu Buana membuka 6 fakultas hingga pas ini, antara lain Fakultas Ekonomi & Bisnis, Fakultas teknik, Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Psikologi, serta Fakultas Desain dan Seni Kreatif.

8. Universitas Esa Unggul Bekasi

Didirikan pada th. 1993 di bawah naungan Yayasan Pendidikan Kemala Mencerdaskan Bangsa. Perguruan Tinggi Swasta di Bekasi ini mempunyai 3 Pilar keistimewaan yakni Teknologi Informasi, Kewirausahaan dan Kemampuan Berkomunikasi.

10 Fakultas di Universitas Esa Unggul Bekasi antara lain: Fakultas Hukum, Fakultas Fisioterapi, Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas teknik, Fakultas Psikologi, Fakultas Desain&Industri Kreatif, Fakultas Ekonomi & Bisnis, Fakultas Ilmu-Ilmu kesehatan, Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan.

5 Alasan Yogyakarta Disebut Sebagai Kota Pelajar

tongkrongin.com – Kota rekreasi, kota budaya, dan kota pelajar ialah tiga antara jumlahnya panggilan untuk Yogyakarta. Pemberian panggilan itu tidak sembarangan, apalagi predikatnya sebagai kota pelajar telah dipakainya semenjak jaman dulu. Bukan hadiah dari pemerintahan, tetapi dipakaikan oleh warga langsung ke Yogyakarta karena beragam alasan.

Lantas, apa alasan yogyakarta disebut sebagai kota pelajar sampai dapat bertahan sampai saat ini dengan panggilan itu? Apa tetap terkait dengan status wilayah spesial yang dipakainya? Yuk, baca 5 alasan lengkap Yogyakarta disebutkan kota pelajar ini.  Mungkin bisa jadi pencerahan buat kamu untuk kedepannya !

Pendidikan Di Yogyakarta Sudah Ada Sejak Zaman Dahulu

Cikal akan pendidikan di Yogyakarta dapat ditunjukkan semenjak jaman kuno, bahkan juga saat sebelum Nusantara mengenali tulisan. Menurut Sugiyanto (2004) dalam jurnal “Yogyakarta Kota Pendidikan dan Ekonomi Alternative” yang termuat di Cakrawala Pendidikan terbitan UNY, November 2004, pada era 1-1500 Masehi sudah ada pendidikan berbentuk “Tunggak Semi”, satu bentuk pendidikan yang paling tua.

Pada periode itu, sekolah diselenggarakan di padepokan seperti padepokan Pacrabakan dan Wihara dan diajar oleh guru atau Pendeta Jnanabadra. Evaluasi yang dikatakan waktu itu ialah Cilpacastra yang maknanya pelajar wajib tirukan, mengingat, dan jalankan perintah guru.

Selanjutnya pada era 1800-1900 di Yogyakarta, pendidikan dilaksanakan disekitaran keraton atau persisnya di tratag yang diasuh oleh figur agama dan famili kerajaan.
Pesertanya tidak lain ialah beberapa anak kerajaan dan anak masyarakat jelata yang ada di sekitaran keraton.

Materi yang diberikan ialah sekitar pembangunan sikap peradaban batin, sikap dan norma. Secara tidak langsung, aura kerajaan membuat masyarakat jadi memiliki kesadaran buat belajar.

Baca Juga : Inilah 8 Universitas Terbaik di Jogjakarta Tahun 2024

Banyak sekolah yang terlahir di jaman Belanda dan tetap bertahan sampai saat ini

Saat Belanda masuk ke dalam Indonesia, pengaruh banyak yang sampai ke warga termasuk beberapa raja. Dampak ini menyelam dalam pendidikan yang berada di Yogyakarta dan mengajari masalah politik dagang, pertanian, bahasa, politik dagang, kebudayaan, dan hukum.

Belanda banyak membangun beberapa sekolah di Yogyakarta dan hingga kini yang keberadaan terawat yakni SMA Negeri 3 dan SMP Negeri 5. Lantas di tahun 1900-1945 yang diketahui sebagai Zaman Kebangunan Nasional, lahirlah Hollands lnlandsche School. Sekolah ini jadi contoh yang selanjutnya lahir beberapa sekolah lain dengan guru dari famili keraton dan figur agama. Evaluasi yang dikatakan waktu itu ialah tata krama dan budaya, rumah tangga, dan kesejahteraan.

Eksplorasi Belanda pada masyarakat justru tumbuhkan semangat untuk membangun lembaga-lembaga kooperatif dan non-kooperatif seperti Wahidin Sudirohusodo (1852-1916) dan Budi Utomo 1908 yang beroperasi pada sektor agama, pendidikan, dan politik. Sementara beberapa sekolah yang berdiri di Yogyakarta pada jaman Belanda dan tetap bertahan sampai saat ini yakni Muhammadiyah (1912) dan Perguruan Taman Pelajar (1922).

Tiap lembaga pendidikan di Yogyakarta memiliki beberapa unsur normatif

Menurut Noeng Muhadjir (1999), pendidikan ialah usaha yang terprogram untuk memperhitungkan peralihan sosial oleh pengajar (guru) menolong subyek (pelajar) dan unit sosial, berkembang dengan tingkat normatif yang lebih bagus.

Dan untuk ke arah jalan itu, kerangka pendidikan harus capai 5 elemen, yakni: (1) Yang memberikan (guru/dosen/pamong), (2) yang terima (pelajar/pelajar/mahapelajar/peserta didik), (3) tujuan baik untuk yang memberikan dan yang terima dengan filosofi mencakup norma, sikap terpuji, karakter terpuji, practical values, dan living values, (4) sistem atau langkah sebagai proses yang baik dan benar, (5) kerangka positif yang berniat pendidikan harus memaksimalkan yang positif dan meminimalisir peranan negatif hingga pendidikan memberikan dampak learning society.

Ke-5 elemen barusan tidak diacuhkan oleh lembaga pendidikan di Yogyakarta hingga mereka sanggup memberi pendidikan lebih unggul. Karena itu lalu ada agunan kualitas, jumlah, dan kontinuitas penerapan pendidikan di Yogyakarta. https://www.tongkrongin.com/

Keraton Yogyakarta yang membuat cuaca akademik yang tidak sama dengan kota lain

Sugiyanto menulis, predikat kota budaya, kota pariwisata, dan kota perjuangan yang dipunyai oleh Yogyakarta membuat cuaca akademik hingga semakin memberikan dukungan Yogyakarta untuk dikatakan sebagai kota pelajar. Juga ada aura keraton membuat kota ini dikenali tenang, damai, dan berbudaya hingga apa pun itu yang sudah dilakukan penduduknya akan pikirkan nilai budaya, nilai sosial, dan norma.

Ini dapat disaksikan bagaimana penentuan harga sewa kos, biaya pendidikan, harga makan dan sebagainya di Yogyakarta yang populer murah. Ini karena penduduknya tidak berpatok pada nilai ekonomi, tetapi malah pada beberapa nilai mulia. Ada keyakinan pada keraton memberi perasaan aman dan fokus belajar penuh.

Memiliki lebih dari 100 perguruan tinggi dan beberapa ratus program study

alasan Yogyakarta disebut sebagai kota pelajar tidak lain ialah karena jumlahnya perguruan tinggi yang tumbuh didalamnya. Dikutip dari situs Lembaga Service Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Daerah V, di Wilayah Spesial Yogyakarta ada 104 perguruan tinggi dengan 732 prodi dan menyebar di 5 kabupaten/kota.

Dengan demikian, ini jadikan Yogyakarta sebagai kota dengan opsi perguruan tinggi dan program study yang berbagai ragam untuk beberapa pelajar yang hendak meneruskan ke tingkatan pendidikan lebih tinggi. , banyak macam ilmu yang dapat diputuskan dimulai dari ilmu murni, ilmu aplikasi, dan ilmu antara sektor. Oleh karena itu, Yogyakarta lalu jadi tujuan belajar oleh beberapa pelajar dari semua Indonesia.

Karena ada 5 alasan di atas, semakin percaya ‘kan jika Yogyakarta memang pantas dikatakan sebagai kota pelajar? Bukan baru diperoleh apalagi karena hadiah, tetapi diberi secara langsung oleh warga dengan pertimbangkan beragam faktor yang terdapat dalam kota ini. Saat ini, tinggal pekerjaan kita nih buat jaga alasan-alasan di atas masih tetap ada hingga predikat Yogyakarta kota pelajar tetap ada sampai kelak.

Inilah 8 Universitas Terbaik di Jogjakarta Tahun 2024

tongkrongin.com – Inilah daftar kampus terbaik di Jogja 2023/2024. Tentukan pilihanmu dengan baik sebelum akan bakal mengikuti sistem pendaftarannya.

Beberapa daftar universitas terbaik di Jogja ini bakal selalu berubah tiap-tiap tahunnya. Maka daftar di bawah ini termasuk mengikuti terhadap ranking dimana calon mahasiswa paling banyak minat untuk mendaftar terhadap beberapa kampus di bawah.

Silakan mengamati segala macam universitas di bawah ini dalam daftar kampus terbaik di Jogja 2023/2024. Jangan sampai kamu keliru pilih kampus dan jadi menyesal setelah memilihnya.

Daftar Universitas Terbaik di Jogja 2023/2024

berikut inilah universitas pilihan yang paling baik di jogja tahun 2023/2024/:

1. Universitas Islam Indonesia (UII)

Urutan ketiga ditempati oleh Universitas Islam Indonesia (UII). Kampus ini mempunyai ranking ke-22 di Indonesia. UII termasuk merupakan kampus swasta yang lumayan bergengsi dan banyak peminatnya, lho. Untuk mendukung aktivitas kampus, UII mempunyai 6 kampus yang tersebar di beberapa wilayah. Namun, kampus pusatnya terdapat di Jalan Kaliurang KM 12.

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas terbaik di Jogja yang pertama adalah Universitas Gadjah Mada (UGM). Kamu kemungkinan telah tak asing ulang dengan kampus ternama yang satu ini. UGM merupakan keliru satu kampus terbaik di Indonesia dan dunia. UGM termasuk jadi kampus tertua yang ada di Indonesia, lho.

UGM tempati peringkat 5 besar kampus terbaik di Indonesia, lho. Di dunia, UGM masuk ke peringkat 859. Ada banyak fakultas yang ditawarkan fakultas ini, terasa dari kluster sosial humaniora, atau saintek. Jurusan yang paling diminati adalah psikologi, hukum, dan kedokteran.

3. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Universitas Negeri Yogyakarta merupakan kampus terbaik di Yogyakarta yang termasuk jadi incaran para pencari kampus. UNY, merupakan keliru satu kampus tua yang telah berdiri sejak tahun 1964. Dulu, kampus ini disebut IKIP Yogyakarta yang meluluskan calon guru.

UNY mempunyai 8 fakultas termasuk di dalamnya Program Pascasarjana (PPs). UNY pun meraih akreditasi A dari BAN PT, serta mayoritas akreditasi program belajar mendapat akreditasi A. Untuk peringkatnya, UNY tempati peringkat ke 23.

Baca Juga : Informasi Jurusan Periklanan & Prospek Kerjanya di Indonesia

4. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

Urutan ke dua kampus terbaik di Yogyakarta adalah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Kampus ini merupakan kampus swasta, tetapi mempunyai prestasi yang gemilang. Kampus ini mempunyai peringkat ke-16 di Indonesia, lho.

Karena prestasinya. kampus ini jadi keliru satu kampus swasta yang lumayan bergengsi di Jogja yang peminatnya lumayan banyak.

5. Universitas Sanata Dharma

Selanjutnya ada kampus Sanata Dharma yang termasuk dalam daftar kampus terbaik di Yogyakarta. Universitas ini mempunyai ke-50 di Indonesia.

Universitas ini pun mempunyai 7 fakultas, yaitu ekonomi, farmasi, keguruan, psikologi, sastra, teologi, sains dan teknologi, dan program pascasarjana. Program belajar yang lumayan banyak diminati serta terbukti menghasilkan lulusan yang memiliki kualitas adalah program belajar sastra Inggrisnya.

6. Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Universitas terbaik di Yogyakarta selanjutnya adalah Universitas Atma Jaya Yogyakarta.(UAJ) Universitas ini mempunyai peringkat ke-26 di Indonesia. UAJ merupakan kampus swasta yang dikenal mempunyai prestasi yang lumayan baik.

Kampus UAJ mempunyai beberapa fakultas, dengan fakultas favoritnya yaitu fakultas hukum dan fakultas ekonomi. Lokasi kampus UAJ berada di Babarsari, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, DIY.

7. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN SUKA)

Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN SUKA) merupakan kampus terbaik di Jogja yang mempunyai peringkat ke-89 nasional. Kampus ini mempunyai banyak fakultas, tetapi jurusan yang jadi favorit adalah jurusan pendidikan agama islam  dan perbankan syariah. Kampus ini terdapat di Jalan Marsda Adisucipto No. 1, perbatasan Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman.

8. Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta merupakan keliru kampus di Yogyakarta yang banyak diminati. Universitas ini mempunyai peringkat ke-28 di Indonesia. Universitas ini mempunyai akreditasi A dari BAN PT.

UAD mempunyai beberapa fakultas, seperti Fakultas Agama Islam (FAI), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Farmasi, Hukum, Psikologi, Sastra, Budaya, dan Ilmu Komunikasi, Program Vokasi, dan Program Pascasarjana (S2). Cukup lengkap, bukan?

Informasi Jurusan Periklanan & Prospek Kerjanya di Indonesia

Jurusan Periklanan adalah Ilmu yang mempelajari tentang langkah menerapkan strategi kreatif periklanan lewat contoh, animasi, desain komunikasi visual, sketsa dan topografi periklanan. Jurusan ini akan membekalimu secara beragam pengetahuan tentang teknik camera elektronik, recording dan editing, fotografi periklanan, produksi iklan bikin dan elektronik, copywriting, dan visualisasi dan storyboard.

Disamping itu, jurusan ini memperlengkapi mahasiswanya dengan pengetahuan sekitar teknik camera elektronik, recording dan editing, fotografi periklanan Prodi ini memperlengkapi pengetahuan tentang teknik camera elektronik, recording dan editing, fotografi periklanan, produksi iklan bikin dan elektronik, copywriting, dan visualisasi dan story board. Pengetahuan itu selanjutnya diproses menjadi alat promo berbentuk iklan baik pada media bikin (koran dan surat kabar), elektronik (TV dan radio), atau digital (website dan mobile).

Mata Kuliah Yang di Ketahui di Jurusan Perikalanan

1. Pengantar ilmu komunikasi

Mata kuliah ini akan didalami mahasiswa periklanan untuk mendalami tentang ilmu komunikasi dan umumnya diberi pada awal mula semester sebagai pengenalan dunia komunikasi. Mahasiswa akan belajar tentang ilmu komunikasi, komunikasi massa, hingga psikologi komunikasi. Pengantar ilmu komunikasi bisa disebutkan sebagai fondasi untuk mendalami ilmu komunikasi lain, termasuk periklanan.

2. Beberapa dasar periklanan

Belajar adalah aktivitas yang sudah dilakukan dengan setahap. Perihal ini pula yang sudah dilakukan mahasiswa jurusan periklanan. Saat sebelum masuk ke dalam materi periklanan lebih dalam, mereka harus belajar mengenai beberapa dasar periklanan lebih dulu.

Hal paling fundamental dalam periklanan adalah permasalahan kreasi, originalitas, kekhasan, dan akar dari iklan yang bisa memberi deskripsi fresh dan baru untuk audience. Pada mata kuliah ini, mahasiswa akan belajar tentang beberapa jenis iklan, persyaratan iklan yang bagus, anatomi perusahaan periklanan, proses kreatif, pengetahuan mengenai media periklanan, hingga norma periklanan Indonesia.

3. Copywriting

Copywriting adalah istilah yang kenal pada dunia periklanan. Orang yang lakukan copywriting disebut copywriter. Mereka bekerja menulis text iklan yang bisa menarik audience. Ada usaha keras dari beberapa copywriter pada tiap iklan yang dijumpai di tv (TV), radio, papan iklan, dan internet.

Tetapi, proses menulis iklan yang sudah dilakukan beberapa copywriter tidak gampang. Karena, copywriting adalah sistem pembikinan tulisan yang ajak customer untuk beli atau menggunakan barang atau jasa yang diiklankan. Karena itu, dibutuhkan penulis handal saat membuat beragam tulisan terkesan yang menarik dan unik untik sesuatu merek.

Baca Juga : Jurusan Arsitektur – Informasi Kuliah & Prospek Kerjanya

Contoh-contoh copywriting yang iconic adalah tagline Dancow yang menyebutkan “Saya dan Kau, Sukai Dancow” atau copywriting Teh Botol Sosro yang mengeluarkan bunyi “Apa pun itu Makanannya, Minumnya Teh Botol Sosro”.

4. Rencana media periklanan

Rencana media periklanan adalah serangkaian aktivitas pengutaraan pesan promo pada target atau pemakai sesuatu jasa atau produk. Aktivitas itu menjadi proses yang berisi beberapa keputusan yang perlu dibikin, dari berbagai macam kemungkinan atau peralihan sebagai peningkatan gagasan media.

Rencana media dalam iklan jangan dilaksanakan asal-asalan. Karena, peletakan iklan yang pas akan mencapai sasaran audience yang diharapkan. Misalnya saja iklan cemilan Chitato mustahil disiarkan jam 10 malam di TV karena sasaran pemasaran umumnya sudah tertidur dan tidak melihat TV. Pada mata kuliah ini, mahasiswa akan belajar sesuaikan iklan dengan penebarannya, hingga sasaran audience bisa terwujud.

Jika sekarang masih kebingungan pilih tempat kuliah yang sediakan jurusan periklanan, Universitas Bina Fasilitas Informatika (BSI) mungkin menjadi opsi yang pas untuk Anda. Dengan ongkos kuliah dapat dijangkau dengan kualitas dan sarana simpatisan, Jurusan Periklanan Universitas BSI bisa menjadi opsi yang akurat. Sekarang ini Universitas BSI sedang buka akseptasi mahasiswa baru (PMB) gelombang pertama kali yang diawali pada 1 Oktober 2021 hingga 2 Februari 2022.

Karakter seorang yang pas untuk kuliah di jurusan Periklanan lebih komplet diterangkan lewat daftar berikut ini:

1. Memiliki Kemampuan Berbicara yang Baik

Karier di bagian Periklanan akan menuntut anda untuk menguasai teknik komunikasi tercatat atau lewat beragam media komunikasi di zaman informasi ini, terutama sosial media. Ini penting karena sesuatu iklan yang bagus harus bisa mengomunikasikan pesan yang akan dikatakan oleh perusahaan ke calon konsumen mengenai produk-produknya.

2. Kreatif dan Memiliki Kemampuan Analisis

Bukan hanya akan mempelajari beragam langkah untuk memberikan keyakinan seseorang dan mempromokan sesuatu produk, anda pun akan hadapi persoalan-permasalahan seperti analisis data sikap customer. Kuliah di jurusan Periklanan akan menuntut anda agar bisa pecahkan beberapa masalah itu memakai kemampuan analisis yang bagus.

3. Mampu Bekerja dalam Tim

Sebagai sektor yang terpenting pada suatu perusahaan, tugas anda di bagian Periklanan banyak terpengaruhi oleh tugas seseorang. Untuk tawarkan produk yang perusahaan anda menghasilkan, anda perlu pahami sangkut-paut berkaitan lewat produk itu. Karena itu, anda perlu pahami tugas yang ada di luar tanggung-jawab anda sebagai satu kesatuan dengan tugas yang anda sendiri lakukan.

4. Mampu Menggambar dan Menjalankan Perangkat Lunak untuk Desain

Bila anda tertarik untuk meneruskan kuliah ke jurusan Periklanan, anda perlu memiliki talenta desain. Anda perlu mampu menjalankan perangkat lunak untuk desain. Ini penting karena sekarang ini iklan perlu untuk mencapai semua tipe media, terutama media elektronik seperti internet. Karena itu, anda perlu memiliki keahlian untuk membikin beragam jenis content digital.

5. Mampu Berpikir Out of the Box

Sebagai lulusan jurusan Periklanan, anda dituntut untuk memiliki kemampuan perpecahan permasalahan dan bisa berpikir lain dari lainnya. Beragam tugas pada dunia Periklanan memerlukan banyak beberapa ide fresh,kreatif, dan kreatif agar bisa dituntaskan. Beberapa ide baru condong lebih bisa diterima dan dipahami oleh customer yang menjadi sasaran pasar anda. Bila anda merasakan memiliki semua watak yang disebut sebelumnya, anda adalah orang yang pas untuk jalani perkuliahan di jurusan Periklanan. Anda memiliki kekuatan agar bisa diterima oleh jurusan Periklanan dan dapat lulus dengan hasil memberikan kepuasan, bisa berkembang secara baik pada karier di bagian Periklanan.

Exit mobile version