Informasi Tempat Wisata Dan Tempat Nongkrong

Keindahan Wisata Raja Ampat Dan Ketahui Biaya Perjalanannya

Hai guys kembali lagi di artikel Wisata tongkrongin.com. kali ini kita akan membahas mengenai wisata yang sangat menarik di Pulau Papua yakni Raja Ampat. Raja Ampat memiliki keindahan dan keelokan yang sangat indah, maka tak heran karena keunikan yang dimilikinya banyak banget wisata mancanegara itu datang ke sini. tempat wisata yang berada di barat Pulau Papua ini bahkan pernah dijadikan film dokumenter oleh Avast Premier judulnya "Edis Paradise 3". film dokumenter tersebut mengulas secara lengkap tentang keindahan dan keunikan wisata Raja Ampat. Tak hanya itu bahkan wisata ini juga diberi julukan sebagai kawasan Amazon lautan di dunia, Hal ini karena Raja Ampat itu berada di Area yang sangat unik yakni berada di pusat Segitiga Karang dunia Kepulauan Raja Ampat.

Raja Ampat semakin populer kala pak Jokowi mengupload sebuah foto di Kepulauan Raja Ampat. di foto tersebut terlihat sekali keindahan dan yang sangat cantik yang diperlihatkan, sehingga foto tersebut pun menjadi viral. tak hanya karena populer karena social media saja, Raja Ampat juga sangat dikenal dengan kekayaan bawah lautnya yang memiliki 1320 Spesies ikan Karang serta 540 koral, bahkan sepertiga koral di dunia ada di Raja Ampat. Jadi, kesimpulannya Raja Ampat merupakan tempat diving yang paling terindah di dunia.

Keindahan Tempat Wisata Raja Ampat Papua

tempat wisata raja ampat papua
Bersyukur sekali Indonesia memiliki tempat wisata seperti Raja Ampat di Papua, karena banyak wisatawa di seluruh dunia sangat tertarik datang ke tempat ini untuk menikmati semua keindahan yang ada di Pulau Raja Ampat Salah satunya yaitu menyelam dengan menjelajahi semua karang karang yang indah. Selain itu para pengunjung juga bisa menjelajahi hutan tropis, pegunungan, serta menikmati keindahan pantai berpasir putih yang memiliki keindahan yang tak tertandingi.

Raja Ampat terdiri dari pulau-pulau di bagian utara nya terdapat banyak objek wisata pulau ke pulau. bagi kamu yang melihat melihat gambar atau pulau-pulau yang seperti Bulat itu, itu merupakan gugusan yang berada di pulau wayag. untuk menuju ke sana kamu harus menempuh perjalanan sekitar 3 hingga 4 jam dari waisai. setelah itu kamu juga perlu mendaki sedikitnya 30 bukit. nah pemandangan indah akan kamu lihat dari puncak tersebut.

tak hanya keindahan alamnya yang elok di Pulau Raja Ampat juga terdapat atraksi seperti wayag di painemo Lokasi tempatnya Lebih Dekat dari waisai yaitu 2 jam perjalanan menggunakan perahu. namun kamu perlu mendaki bukit dahulu dengan membutuhkan waktu 20 menit nah diatas bukit tersebut kamu bisa melihat pulau pulau kecil yang indah pemandangannya seperti gambar-gambar di Google.

paket wisata raja ampat papua

bagi kamu yang ingin diving atau menyelam kamu bisa memulainya dari teluk kabui, meskipun bukan paling indah tempatnya untuk menyelam, tapi di sini airnya sangat tenang dan sangat aman untuk pemula. namun keindahan bawah lautnya pun tak kalah oleh pulau-pulau raja ampat yang lainnya.

Biaya Ke Raja Ampat

Bagaimana tertarik nggak untuk datang ke Raja Ampat? bila kamu ingin berkunjung ke Raja Ampat terlebih dahulu Kamu harus punya PIN. PIN tersebut bisa kamu beli melalui tourist information center yang berada di waisai atau sorong. PIN ini bisa digunakan selama 1 tahun harganya sendiri untuk warga negara Indonesia dikenakan tarif biaya Rp250.000, sedangkan wisatawan luar dikenakan tarif Rp500.000.

Keelokan dan keindahan yang dimiliki wisata Raja Ampat memang sangat diminati para wisatawan. namun perlu kamu tahu juga, Biaya ke Raja Ampat itu tidak murah. Untuk menikmati keindahan Raja Ampat selama 1 minggu atau 10 hari Kamu harus punya kocek minimal sebesar 30 jutaan. Yang berarti seharinya Kamu dikenakan biaya 2,5 hingga 3 jutaan.

Tarif dan biaya yang Kamu keluarkan semuanya sudah meliputi diving di waiwo, berkunjung ke Pulau Waigeo, Menikmati keindahan gugusan pulau kecil di Pianemo, serta sudah bisa menikmati keindahan burung cendrawasih yang berada di desa wisata Sawingrai.

Kenapa mahal banget ya? Hal ini karena untuk menyewa boat ke Pulau Wayag yang menjadi primadona aja kamu harus mengeluarkan tarif 5 juta untuk seharian, belum semua perlengkapan untuk snorkeling yang harus kamu sewa. Ditambah dengan biaya penginapan atau hotel di Waisai yang berkisar mulai dari 500ribu. dan untuk diving dikenakan tarif kisaran 400ribuan. Harga tiket Pesawat ke Raja Ampat dari jakarta aja berkisar 2 sampai 3 jutaan Broooh...

Nah saran Kami jika ingin murah, sebaiknya kalian berkelompok terdiri dari 5 hingga 8 lalu gunakan paket wisata Raja Ampat. Biasanya Kamu akan dikenakan tarif 6 jutaan/orang selama 4 hari berada di Raja Ampat. jauh lebih murah bukan? Oia, bagi kamu yang ingin Backpacker ke Raja Ampat baiknya dipikirin dulu deh, sebab justru dengan cara Backpacker biayanya jadi jauh lebih mahal.

Sejarah Raja Ampat Papua

Wisata bawah lautnya yang memang sangat Elok ternyata Raja Ampat juga menyimpan sebuah Legenda dan sejarah tersendiri. legenda ini beredar dari mulut ke mulut masyarakat setempat, dan bermunculan hingga beberapa versi yang diturunkan secara turun-temurun. Adapun cerita yang paling populer dari sejarah Raja Ampat adalah seperti ini.

Zaman dulu di Teluk kabui kampung wawiai tinggalah pasangan suami-istri yang sangat sederhana, pekerjaan sepasang suami istri tersebut adalah sebagai perambah hutan setiap hari, mencari makanan dengan cara menjelajahi hutan untuk mendapatkan sesuatu yang bisa mereka makan. saat di tepi sungai Waikeo mereka sejenak beristirahat untuk melepaskan kelelahan. saat sedang beristirahat ternyata tidak jauh dari tempat mereka istirahat, mereka menemukan 5 butir telur berbetuk aneh yang ternyata menurut mereka telur-telur tersebut adalah telur naga. setelah itu pun mereka mengambil telur itu dan memasukkannya ke dalam kantong untuk dibawa pulang. sesampainya di rumah, mereka langsung menyimpannya di dalam kamar.

Beberapa hari telur Itu disimpan, ketika malam harinya ternyata terdengar suara bisikan yang sumbernya berasal dari telur telur yang disimpan di kamar. akhirnya dengan rasa takut mereka coba melihat dengan mengintip dari balik pintu, Mereka pun terkejut dan kaget ketika 5 telur yang mereka simpan ternyata menetaskan 5 orang anak. terdiri dari 4 anak laki-laki dan 1 perempuan. kelima anak-anak tersebut menggunakan pakaian halus yang berarti ini pertanda kalau mereka merupakan keturunan dari seorang raja.

sampai saat ini nama anak-anak yang tersebut belum jelas siapa yang memberikan . namun anak-anak itu diketahui bernama antara lain Betani (raja salawati), War (raja Waigeo), Mohamad (Batanta), Dohar (raja lilinta ) sedangkan yang anak perempuan diberi nama pintolee. Keempat anak laki-laki setelah dewasa menjadi raja yang bijaksana. sedangkan anak perempuan yang bernama pentolee ditemukan dalam keadaan hamil dan melahirkan 2 buah telur. 1 telur yang dikeluarkan oleh pintolee disimpan di kulit kerang lalu dihanyutkan hingga terdampar ke sebuah pulau yang kini bernama Pulau numfor. sedangkan yang satunya lagi tidak menetas sama sekali, sampai mengeras jadi Batu. saat ini batu tersebut diberi nama Kapatnai. masyarakat setempat memperlakukan batu tersebut seperti raja bahkan batu tersebut sampai dibuatkan persemayaman, Dan di sampingnya diletakkan 2 Buah Batu yang menandakan pengawalan terhadap raja tersebut. bahkan persemaian tersebut sampai saat dijadikan sebagai objek pemujaan dan masih dihormati dan dipercaya oleh masyarakat setempat.

keindahan wisata raja ampat papua

Tips ke Raja Ampat

datang ke objek wisata Raja Ampat ini memang banyak terkendala oleh biayanya yang cukup mahal, maka dari itu saran kami sebaiknya jika ingin datang ke objek wisata Raja Ampat di Papua datanglah secara berkelompok minimal 5 hingga 8 orang. Namun sangat ideal Jika kamu datang dengan 8 orang karena kapasitas penginapan yang disediakan per kamar itu maksimal 4 orang, maka jika kamu datang dengan 8 orang kamu bisa menyewa dua kamar.

Sebaiknya di sarankan kamu menggunakan paket wisata atau menyewa pemandu (tour guide) agar perjalanan Anda lebih nyaman, dan satu lagi kamu juga harus perhatikan pakaian yang digunakan. sebab masyarakat di sana belum terbiasa melihat orang-orang yang menggunakan bikini di tengah kota, kalau kamu melanggarnya maka kamu akan mendapatkan teguran dari masyarakat sekitar.

Waktu yang tepat dan terbaik untuk berkunjung ke wisata Raja Ampat adalah pada bulan Oktober hingga April sebab pada bulan tersebut ombak di sana belum terlalu besar.

Artikel Tongkrongin.com Lainnya :

Copyright © 2015 Tongkrongin.com | Design by Bamz