Informasi Tempat Wisata Dan Tempat Nongkrong

Mengenal Objek Wisata Danau Toba Dari Keindahan Dan Sejarahnya

Keindahan Objek Wisata Danau Toba - Siapa yang tidak kenal Danau Toba Danau yang merupakan danau terbesar yang ada di Asia Tenggara ini memiliki ukuran yang cukup panjang hingga 100 KM dengan lebar 30 km, lokasi Danau Toba sendiri berada di Provinsi Sumatera Utara. di tengah danau ini ada sebuah pulau vulkanik yang cukup terkenal dan mempunyai Legenda dan sejarah menurut cerita penduduk setempat, nama pulau tersebut dinamakan pulau Samosir.

Danau Toba awalnya terjadi karena sebuah ledakan yang terjadi pada 75000 tahun lalu, yang merupakan sebuah Ledakan supervolcano dari sebuah gunung berapi yang besar. menurut pendapat dari Michigan teknologi University menjelaskan kalau total materi material yang diletuskan oleh gunung berapi ini mencapai hingga 2800 KM3 persegi dari lapisan tersebut bisa menghancurkan area dengan luas 20000 km2 bahkan hingga 600 meter tebalnya dari kawah utama.

objek wisata danau toba

Menurut wikipedia, ledakan besar ini telah menyebabkan kepunahan dari beberapa makhluk hidup dan spesies lainnya, Hal ini terbukti dari sebuah DNA bahkan letusannya membuat jumlah manusia menyusut hingga 60% dari populasinya, namun hal ini masih diperdebatkan oleh para ahli.

Dari ledakan itu akhirnya terjadilah sebuah danau yang cukup besar, bahkan saat ini mendapatkan julukan danau terbesar se-asia Tenggara yang bisa kita lihat saat ini. Hingga saat ini Danau Toba menjadi wisata paling populer di Sumatera Utara, karena itu tidak heran jika banyak pengunjung wisatawan lokal maupun mancanegara datang ke tempat ini untuk menikmati keindahannya.

Sejarah Dan Legenda Danau Toba

menurut masyarakat tempat setempat terbentuknya Danau Toba konon katanya berawal dari sebuah keluarga manusia yang menikah dengan siluman ikan, ceritanya dahulu ada pemuda yang mendapatkan seekor ikan, namun ikan yang didapatkannya bukanlah ikan biasa melainkan sebuah ikan yang berwujud wanita cantik dan bisa berbicara. singkatnya akhirnya sang Pemuda tersebut pun menikahi ikan tersebut yang telah menjadi manusia, namun dengan syarat kalau pemuda itu dilarang untuk menyinggung wanita tersebut dengan sebutan ikan atau asal-usul nya.

Setelah lama menikah akhirnya mereka pun dikaruniai oleh seorang anak laki-laki yang diberi dengan nama Samosir. Samosir ini suka sekali makan atau hobi dengan makan. sampai-sampai Pada suatu hari saat ia disuruh ibunya mengantar makanan untuk Bapaknya yang sedang berada di ladang, anak ini berbuat kesalahan Karena makanan yang diantar untuk bapaknya tersebut tidak diberi ke Bapaknya melainkan habis dimakan oleh Samosir dijalan.

karena sudah kelaparan sang ayah pun pulang, dan di perjalanan ia melihat bekas makanan yang telah habis disantap oleh anaknya. lantas seketika itu juga Ayah Samosir marah dan memarahi Samosir dengan sebutan anak ikan, bahkan Samosir juga diusir dari rumahnya. seketika itu juga turunlah hujan lebat disertai dengan keluarnya air dari dalam tanah air hingga menciptakan sebuah danau yang besar, yang hingga saat ini disebut danau toba, dan pulau Samosir yang berada di tengahnya diartikan dengan nama "Samo Yang Di Usir" .

danau toba di pulau samosir
Pulau Samosir

tempat wisata ini menjadi wisata yang sangat populer dan menawan di Sumatera Utara dan sudah terkenal hampir seluruh dunia. banyak kegiatan yang bisa kamu dapatkan selain Keindahan Danau Toba, Yanki seperti berenang, menjelajahi Danau Toba dengan Perahu, mendaki ke pegunungan dan keindahan alamnya dengan udara yang masih sejuk.

Tak hanya danau Toba, disekitar danau toba juga terdapat sebuah kawasan wisata lainnya yang cukup menarik antara lain:

1. Pulau Samosir Pulau ini merupakan salah satu pulau yang ada di Danau Toba letaknya berada di tengah danau Toba yang dimana Pulau ini merupakan pulau yang cukup besar karena berada di kawasan pemekaran dari kabupaten Toba Samosir keindahan alamnya cukup menjadi daya tarik masyarakat Nah untuk Anda jika ingin datang ke Danau Toba maka wajib untuk datang ke Pulau Samosir.

2. Bakara, Bakara merupakan sebuah daerah yang lokasinya berada di Kabupaten Humbang Hasundutan yakni sebuah Kecamatan baktiraja. lokasi wisata ini memiliki keindahan alam yang cukup indah, apalagi bagi kamu yang suka sekali memancing bisa menjadi rekomendasi tempat yang bagus untuk memancing karena selain untuk memancing keindahan alamnya sangat indah dan bisa dinikmati oleh anda yang gemar memancing.

Penginapan di Danau Toba

Objek wisata danau toba sudah menjadi kawasan wisata yang populer di Sumatera Utara, sehingga saat ini sudah banyak penginapan, penginapan seperti hotel, dan home stay juga sudah banyak tersedia dengan fasilitasnya masing-masing. Sebelum memilih penginapan sebaiknya Kamu booking terlebih dahulu via online. Saat ini sudah banyak situs online yang menyediakan fasilitas booking hotel.

Biasanya orang yang ingin ke danau Toba melalui rute Medan - Parapat. Dari terminal Bus Pinang Baris yang ada di Kota medan, Kamu bisa naik bus dengan jurusan Kota Parapat, perjalanan ini akan memakan waktu hingga 6 jam. Namun jika kamu ingin cepat sebaiknya gunakan mobil travel yang harganya lebih mahal. Jika dengan Bus kamu akan dikenakan tarif hingga 50ribu untu satu orang, sedangkan mobil travel bisa dikenakan tarif 70 ribuan.

Itulah ulasan mengenai objek tempat wisata Danau Toba dari sejarah dan legenda menurut masyarakatnya. Semoga ulasan ini membantu kamu yang ingin liburan ke danau Toba Sumatera Utara.

Artikel Tongkrongin.com Lainnya :

Copyright © 2015 Tongkrongin.com | Design by Bamz