Informasi Tempat Wisata Dan Tempat Nongkrong

Wisata Alam Gunung Nglanggeran, Yuk Jelajahi Keindahannya

Wisata Alam Gunung Nglanggeran - Yogyakarta, siapa yang tidak kenal dengan kota yang satu ini, kota yang dikenal sangat ramah dan kota gudeg ini banyak menyimpan surga tersembunyi, bisa dibilang Yogyakarta juga dikenal sebagai kota pariwisata indonesia, karena di daerah istimewa yogyakarta banyak sekali tempat pariwisata yang menarik. Salah satunya Gunung Nglanggeran, Gunung Nglanggeran merupakan gunung yang berada di daerah istimewa yogyakarta. Lebih tepatnya di desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten gunung Kidul yang berada di pederetan Pegunungan sewu.

puncak gunung nglanggeran
Puncak Gunung Nglanggeran


Berdasarkan Penelitian, Sekitar pada 60 juta tahun yang lalu Gunung ini aktif. Gunung Nglanggeran ini berasal dari Gunung api Dasar Laut yang terangkat dan kemudian Menjadi daratan pada sekitar jutaan tahun yang lalu. Di Gunung ini banyak sekali bebatuan besar yang menjulang tinggi, maka dari itu gunung nglanggeran ini dijadikan tempat pendakian dan banyak orang yang bilang tempat ini juga untuk Pertapaan. Puncak gunung tersebut biasa disebut Gunung Gede yan berada di Ketinggian 700 Mdpl, Dan memiliki luas sekitar 48 hektar.

puncak gunung nglanggeran
Embung Gunung Nglanggeran

Selain memiliki keindahan yang sangat bagus, Gunung ini pun mempunyai kisah atau legenda. Berikut dibawah ini Merupakan LEGENDA dari Gunung Nglanggeran.

Legenda gunung Nglanggeran
Konon katanya Gunung NgLanggeran merupakan tempat Penghukuman Para penduduk desa yang membuat kesalahan dengan merusak wayang. Kata nglanggeran sendiri berasal dari bahasa Jawa yang mempunyai makna melanggar. Konon pada ratusan tahun lalu, penduduk desa sekitar mendatangkan atau mengundang seorang dalang untuk mengadakan pesta syukuran hasil panen.akan tetapi,penduduk desa melakukan kesalahan besar.Mereka mencoba merusak wayang si dalang.Dalang marah dan menyumpah warga desa menjadi sosok wayang dan dibuang ke bukit nglanggeran.

Menurut cerita warga sekitar disana terdapat beberapa bebatuan besar yang digunakan untuk tempat pertapaan warga. Warga sekitar mengatakan bahwa menurut kepercayaan,gunung nglanggeran dijaga oleh kyai Ongko Wijoyo serta tokoh pewayangan punokawan.Saat malam tahun baru Jawa atau Jum'at Kliwon,beberapa orang memilih Ber-semedi di Puncak gunung.Di gunung Nglanggeran ini juga warga pernah menemukan arca mirip raja Singhasari bernama Ken Dedes.


Perjalanan menuju puncak Nglanggeran

Rute Perjalanan menuju puncak gunung akan melalui jalanan tanpa aspal serta gua bebatuan yang tidak luas dengan jarak tempuh pendakian lebih kurang dua jam untuk wisatawan bisa mencapai puncak tertinggi gunung tersebut. jika berangkat sore, pengunjung dapat menyaksikan matahari yang terbenam.Akan tetapi,perlu menggunakan tali untuk mendaki bukit-bukit pendek.ada petunjuk jalan yang membuat pengunjung tidak mudah tersesat.

Untuk mencapai puncak,pengunjung membutuhkan waktu sekitar 1,5 hingga 2 jam. Bahkan jika pengunjung tidak sanggup sampai puncak, Pengunjung dapat berhenti sejenak di Pos-pos. Di pos tersebut pengunjung dapat beristirahat.

Meski sekarang Gunung Nglanggeran sudah jadi Gunung Wisata, akan tetapi Jalur-jalur untuk sampai ke puncak masih sangat menantang, dan yang pastinya saat menempuh perjalanan kamu akan disuguhkan dengan keindahan pemandangannya, Mulai dari Jalan yang Conblock, Jalan setapak, Hingga Lorong sempit yang hanya dapat dilalui satu orang. Biasanya pada masa akhir pekan Gunung Nglanggeran penuh dikunjungi oleh para wisatawan.

Artikel Tongkrongin.com Lainnya :

Copyright © 2015 Tongkrongin.com | Design by Bamz